7 Game Platformer iOS Yang Akan Bikin Kamu Geregetan

Saturday 10 January 20150 comments

7 Game Platformer iOS Yang Akan Bikin Kamu Geregetan
“Aww”, “aduh!”, “s***t”, “ampun dah!”, “gosh”, “f**k”, dan sebagainya mungkin menjadi kata yang sering terlontar saat kamu merasa geram dengan sulitnya game yang kamu mainkan. Saya pun mengalami hal yang sama, bahkan karena saking kesalnya ada kalanya saya melempar device saya keluar jendela rumah … kidding. :D
Tingkat kesulitan puzzle yang tinggi, atau berpacu dengan waktu (bukan dalam melodi ya) membuat gamer menumpahkan segala daya dan upaya nya untuk menaklukan setiap halang rintangan yang ada. Genre platformer, yang sepertinya merupakan genre favorit para developer untuk menguji kesabaran gamer, biasanya dipenuhi hal yang karakter kamu tidak bisa begitu saja mudah lalui dalam jalur yang linear di grafis bergaya 2D atau 2.5D. Untuk membuat pengalaman bermainmu lebih solid, stage akan didesain sedemikian rupa untuk mengolah emosi para pemain hingga ke titik nadir.
So guys, saya persembahkan untuk kamu daftar game platformer yang bakalan bikin kamu seperti lagunya salah satu penyanyi papan atas Indonesia “Geregetan, oh aku geregetan”.

1. Icycle: On Thin Ice

Icycle On Thin Ice | Screenshot
Wah saya sudah dibuat takjub dan gereget dengan game yang mengandalkan tema es ini. Tidak perlu minum coklat panas saat memainkan Icycle On Thin Ice, karena kamu sama sekali tidak akan mengalami kedinginan memainkannya, malah yang ada adalah rasa gerah, panas, kesal, tapi dibalik itu semua, game ini benar-benar fun!
Kamu akan terkejut dengan es yang tiba-tiba muncul di bawah landasan, atau jalur yang kamu lalui akan berpindah-pindah secara cepat. Game ini menguji kecepatan kamu merespon segala gejala yang ada, eksekusi kontrol yang tepat akan menyelamatkan Dennis (karakter yang kamu mainkan) dari kebekuan.
Konsep yang manis, art style yang super unik, berbalut komedi yang segar membuat game ini tidak akan begitu saja bisa kamu tinggalkan. Meskipun kamu akan dibuat marah berulang kali, mengumpat tiada henti, namun saya yakin kamu akan tetap menggenggam gadget kamu dan terus mencoba menyelamatkan Dennis dari semua hal yang bisa membunuhnya. :)
Apple App Store Link: Icycle: On Thin Ice, Rp. 35000

2. League of Evil

League of Evil | Screenshot
League of Evil akan menguji batas kesabaranmu hingga habis. Game ini saya bilang sadis karena … well … kamu dikejar timer dan harus melompat melewati platform yang di dalamnya banyak terdapat duri, cannon, rolling axe, serta karakter antagonis yang siap menghancurkanmu hingga berkeping-keping, eww.
Timer yang saya maksud di sini adalah timer yang benar-benar singkat. Kalau kamu ingin menyelesaikan suatu stage dengan sempurna, kamu harus mengambil koper yang terdapat di spot tertentu, sembari pada akhir stage kamu harus membunuh boss yang akan menghentikan timer kamu. Bayangkan semua tugas itu harus kamu selesaikan dalam waktu, misalnya 9 detik, dengan rintangan dan desain level yang sulit di mana berbagai duri dan senjata musuh siap melibasmu. Kesal kan?  Dilarang main game ini di tempat umum, karena dapat menyebabkan gangguan pada orang-orang sekitar kamu yang melihat ada orang depresi marah-marah. :P
Apple App Store Link: League of Evil, Rp. 23000
Apple App Store Link: League of Evil 2, Rp. 23000
Apple App Store Link: League of Evil 3, Rp. 23000

3. Mikey Shorts

7 Game Platformer  Screenshot
Gameplay Mikey Shorts sangat sederhana, kamu harus berlari, melompat, dan sliding pada platform yang rendah guna menyelamatkan manusia yang membatu, melalui suatu gerbang energi misterius, dan tentu saja sembari dikejar timer. Apa yang membuat geregetan dari game ini bukan kesulitan pada desain level karena menurut saya melompat dari satu platform ke platform lain, kesulitan berada pada timer yang harus kamu kalahkan untuk menyelesaikan game dengan sempurna serta koin yang harus kamu ambil semua menjadi tantangan tersendiri.
Time leaderboard juga menjadi faktor yang terkadang bahkan sering membuat saya meradang. Well, banyak player yang jauh lebih baik dari saya. Mikey Short, sudah memiliki dua sekuel yang mungkin bisa lebih bikin kamu kesal yaitu Mikey Hooks dan Mikey Boots. Saya sangat menyukai akurasi kontrol yang sangat baik di game ini, so kecepatan jempol kamu menekan setiap button dengan cepat akan semakin mengasyikkan.
Review Mikey Shorts – Salah Satu Platformer Yang Seru (5/5)
Apple App Store Link: Mikey Shorts, Rp. 23000
Apple App Store Link: Mikey Hooks, Rp. 23000
Apple App Store Link: Mikey Boots, Rp. 23000

4. Limbo

7 Game Platformer  Screenshot
Limbo merupakan game  yang akan melatih kesabaran kamu untuk berulang kali melakukan trial dan error. Artinya kamu baru dapat maju setelah belajar dari kesalahan (dalam hal ini kematian dengan cara yang sadis) kamu saat memecahkan puzzle yang ada. Game ini benar-benar memberikan sebuah pelajaran hidup yaitu jangan pernah lelah mencoba walaupun gagal. :)
Yah konsep inilah yang akan membuat kamu geregetan dengan Limbo. Setiap orang yang pernah memainkan Limbo (termasuk saya) pasti selalu akan mati dan mencoba lagi mencari solusi agar karakter “si anak tanpa nama” bisa melaju keluar dari alam Limbo yang kelam.Game ini juga benar-benar memiliki kualitas tinggi baik dari segi grafis, sound, dan desain level.
Review Limbo – Serasa Anak 6 Tahun Bermain Nintendo Untuk Pertama Kalinya
Apple App Store Link: LIMBO, Rp. 59000

5. VVVVVV

7 Game Platformer  Screenshot

Terry Cavanagh sang developer VVVVVV  dan Super Hexagon memang memiliki bakat membuat orang geregetan dengan konsep dan desain level yang dia buat di setiap game karyanya. VVVVVV mengusung genre platformer, karena kamu sebagai karakter utama akan meloncat atau lebih tepatnya berpindah gravitasi dari platform bawah ke platform atas. Di game ini kamu mendapatkan kesulitan ala platformer namun dengan porsi yang lebih “pedas”. Kamu akan diajak berkeliling pesawat yang di dalamnya terdapat banyak rintangan yang terdiri dari duri (ada apa dengan duri dan game platformer!) baik statis maupun dinamis.
Kamu harus menunggu waktu tepat untuk melangkah. Misalnya terkadang untuk mencapai platform di sebelah kanan, kamu harus melompat keatas, mengubah gravitasi kemudian melompat lagi melewati lapisan bawah platform yang dipenuhi jebakan, dan loncat  lagi ke atas dan menghindari jebakan yang sama. Fiuhh, geregetan saya menjelaskannya, kamu harus coba sendiri untuk mengerti apa yang saya maksud. Saya sarankan jangan sampai kamu menghukum dan menyakiti diri kamu sendiri dengan game ini. :D
Review VVVVVV – Bukti Bahwa Tak Harus Fun Untuk Dimainkan
Apple App Store Link: VVVVVV, Rp. 35000

6. Stealtlh Inc.

7 Game Platformer  Screenshot
Wah saya lupa kalau game ini ternyata game yang paling gory (kejam) dibandingkan game yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Kamu akan berhadapan dengan area yang dipenuhi kamera yang dapat mengaktifkan laser bila melihat keberadaanmu. Si kloning akan hancur pecah ala Super Meat  Boy. Stealth Inc. merupakan puzzle platformer yang akan membuat kamu “berdarah-darah”. Kamu akan sering mati, terjatuh, dibelah, terbakar laser, pokoknya sesuatu yang tidak akan pernah kamu sukai dan akan membawa kamu ke ujung batas kesabaran.
Tugas kamu adalah hack sistem komputer agar platform baru terbuka. Timer juga menjadi pemicu kamu bergerak cepat, meskipun bukan objektif utama, tapi timer juga mempengaruhi skor akhir dari permainanmu dan skor kamu di leaderboard. Saya sangat kagum sekaligus kesal dengan desain level Stealth Inc.. Pada banyak level, desain level dibuat seakan akan kita sudah selesai menamatkan stage, namun tanpa diduga malah terbuka platform baru yang penuh dengan berbagai jebakan. Kemungkinan kamu akan geleng-geleng kepala dengan sulitnya level yang kamu hadapi.
Apple App Store Link: Stealth Inc., Rp. 59000

7. Dodo Master

7 Game Platformer  Screenshot
Di antara semua game platformer yang sudah saya sebutkan di atas, Dodo Master memiliki grafis yang paling apik. Kamu akan berhadapan dengan musuh dan jebakan yang banyak. Unsur grinding akan kamu temukan di game imut namun brutal ini. Yesi pernah memberikan ulasan penuh mengenai Dodo Master.
Saya memberikan kamu gambaran mengenai Dodo Master dari ulasan Yesi.
Dodo Master adalah platformer yang terbilang brutal. Secara default, Dodo kamu hanya memiliki dua nyawa di sini. Kamu memang bisa mendapatkan nyawa tambahan di setiap levelnya, tapi seringkali nyawa ini diletakkan pada lokasi yang penuh dengan jebakan berduri. Awal kamu bermain, kamu akan merasa game ini sulit untuk dikendalikan. Setelah bermain cukup lama saya menyadari bahwa game ini hanya membutuhkan sedikit kesabaran dan tentu saja trik untuk menyelesaikannya.
So, seperti yang disampaikan Yesi, kamu harus bersabar memainkan Dodo Master. Begitu banyak jebakan dan gap antar platform yang sulit akan menjadi halangan kamu untuk meraih telur yang kamu cari. Kontrol dalam Dodo Master sangat akurat, kamu dapat melompat dan melibas musuhmu dengan mudah. So, apabila kamu gagal, kesalahan jelas bukan pada kontrolnya tapi pada ketepatan kamu mengeksekusi kontrol.

Review Dodo MasterPlatformer Brutal Yang Super Fun
Apple App Store Link: Dodo Master, Rp. 12000

So, semoga game yang saya masukkan di daftar di atas bisa menjadi media untuk melatih kesabaran kamu. Kalau kamu punya game lain yang lebih membuat naik darah, silakan sampaikan di kolom komentar. Jangan lupa sampaikan juga reaksi apa yang secara spontan pernah kamu lakukan saat memainkan game sulit tersebut. Genggam erat gadget kamu dan selamat bergereget ria guys!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Hafiz_Blogger | haffiz Template | Mas Hafiz
Copyright © 2011. AhmaD_Haffiz - All Rights Reserved
Template Created by Creating hafiz_website Published by Mas Hafiz
Proudly powered by Blogger